Rabu, 09 Januari 2013

Sejarah & Asal-usul Batu Intan (Berlian)

Berlian berasal dari bagian terdalam gunung berapi yang juga mengandung atom dan karbon. Pada kenyataannya berlian merupakan kristal transparan yang mengikat empat bagian karbon atom. Batu berlian terbawa kepermukaan bumi melalui letusan volkanik. Menurut penelitian, naiknya berlian kepermukaan bumi dikarenakan batu yang mencair. Berlian dikembangkan dari bermil-mil bagian dalam permukaan bumi, pada kerendahan 150 km (90 mil), pada tekanan kira-kira 5 giga pascal dengan temperatur sekitarnya 1200 derajat celcius (2200 derajat Fahrenheit). Berlian bisa menjadi bentuk alami lain sesuai tingginya tekanan, secara relatif pada saat temperatur rendah. Namun sangat disayangkan berlian tidak bisa terbentuk dari bawah laut.
Sejak zaman purbakala bahkan pada saat penamaan berlian itu sendiri, berlian terkenal sebagai material yang paling keras ke tiga setelah ‘Aggregated diamond nanorods’ dan ‘Ultrahard Fullerite’.
Menurut sejarahnya, nama berlian itu sendiri diambil dari bahasa Yunani kuno yang artinya “Tak Terkalahkan”.
Berlian muncul kepermukaan bumi sudah sangat lama, berkisar dari 1-3,3 milyar tahun yang lalu. Berlian pertama kali dikenali dan ditambang di India. 

Cara membedakan berlian asli dan imitasi


Berlian selalu menjadi daya tarik setiap wanita. Harganya yang mahal dan langka membuatnya sangat riskan untuk membelinya di toko perhiasan yang tidak terpercaya. Batu berlian yang asli dan imitasi sangat sulit untuk dibedakan. Tetapi jika mengetahui bagaimana cara membedakannya maka akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan berlian yang disukai. Bagi para wanita yang tidak bisa membedakan mana berlian asli dan imitasi, maka ikuti beberapa tips berikut ini:

1. Menguji dengan bernapas pada berlian
Jika berlian asli, maka kabut yang dihasilkan akan menghilang dengan cepat. Tetapi jika berlian imitasi, maka batu berlian akan tetap berkabut selama beberapa detik.

2. Cermati setiap sisi pada berlian
Berlian asli akan memperlihatkan kilauan yang mempesona dari berbagai sisi. Berlian imitasi seringkali didesain hanya memberikan kilauan pada bagian atasnya saja, namun kurang berkilau dari sisi lainnya.

3. Letakan berlian di atas koran dan amati
Jika asli, maka Anda tidak akan bisa melihat tulisan pada yang berbayang pada batu berlian. Sebab berlian asli memiliki sisi bagian dalam yang kompleks, sehingga cahaya tidak akan bisa membuat bayangan pada batu berlian.

4. Lihatlah batu berlian dengan kaca pembesar
Jika Anda melihat goresan pada permukaannya, bisa dikatakan berlian tersebut imitasi, karena berlian yang asli tidak mudah tergores.

5. Bandingkan berat berlian yang Anda inginkan dengan berat berlian lainnya
Jika batu berlian terasa lebih berat, bisa jadi berlian yang Anda inginkan adalah produk imitasi yang terbuat dari batu Cubic Zirconia. Batu Cubic Zirconia berasal dari Austria yang memilki kilau batu seperti berlian.
Apa Bedanya INTAN Dengan BERLIAN
Banyak orang seringkali bingung mendengar istilah Intan dengan Berlian oleh karena itu akan di jelaskan mengenai kedua nama tersebut.
Intan merupakan sebutan ( dalam bahasa Indonesia )Untuk berlian kasar (Rough diamond) 
yang belum diolah, dan terbentuk dari mineral karbon yang mengkristal karena proses kimiawi di dalam perut bumi selama ratusan tahun hingga jutaan tahun. Intan dikategorikan sebagai batuan permata yang paling keras

Apa yang di maksud dengan? 
INTAN ALAMI DENGAN INTAN BUATAN
Setalah paham dengan pengertian INtan, kita masuk kepada kategori jenis Intan, Didunia ini ada dua jenis Intan yaitu intan alami dan intan buatan.
Intan alami terbentuk oleh tenaga endogen diperut bumi selama ratusan tahun hingga jutaan tahun sehingga intan jenis ini memiliki kualitas terbaik.
Namun karena kebutuhan akan intan yang semakin meningkat untuk industri permata ( bahan perhiasan ) dan proses alami memakan waktu terlalu lama, maka dibuatlah makmal (pemanas buatan) untuk mempercepat proses terjadinya Intan secara buatan.Hampir empat kali berat Intan dihasilkan dari proses ini Intan buatan disebut juga dengan INtan Sintetis.

Bagaimana Proses Mendapatkan INTAN ALAMI ?

Intan ditambang di deposit primer (Kimberlite dan Lamporite) dengan pipa-pipa vulkanis dan deposit sekunder (alluvial, onshore, dan offshore),  tempat kandungan intan berasal dari bahan - bahan yang di keluarkan dari dalam bumi dan karena tekanan dan temperaturnya sesuai untuk pembentukan intan.
Intan yang berada di dalam perut bumi di gali secara mekanis, tanah,batu-batuan dan pasir yang diambil dengan menggunakan peralatan canggih, dipilah dalam pabrik pemrosesan untuk menyortir mana yang batu biasa, pasir, dan intan.

Untuk apa saja INTAN Dimanfaatkan ?
Karena Intan memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa yaitu kekerasan dan kemampuannya mendispersikan cahaya maka Intan diburu untuk digunakan sebagai perhiasan ( Berlian ) dan penerapan nya di berbagai industri. salah satunya Intan digunakan sebagai mata bor untuk pengeboran minyak bumi.

Bagaimana proses
INTAN menjadi BERLIAN ?

Seperti tadi yang sudah di jelaskan bahwa intan yang merupakan berlian kasar diburu untuk dijadikan perhiasan.
Nah Intan lantas diolah menjadi perhiasan dengan proses dan teknik tinggi dengan mempertimbangkan faktor 4C: Cut (irisan), Clarity (kejernihan), Colour (warna), dan Carat Weight ( Dimensi ukuran & berat ).
Intan hasil olahan inin dikenal sebagai batu permata yang populer disebut berlian, dan memiliki nilai estetika serta nilai ekonomi yang sangat tinggi.

SHAPE & CUT 

CLARITY
Berlian mampu memancarkan cahaya ini, inilah salah satu yang menjadikannya sebagai batu yang sangat istimewa. Pancaran cahaya ini akan terlihat sangat indah terutama karena tingkat kebeningannya.


Berlian yang memiliki tingkat kebeningan yang tinggi adalah berlian yang bebas dari inklusi atau cacat. Inklusi terjadi karena proses alamiah. Inklusi umumnya sulit terlihat oleh mata telanjang, namun keberadaannya pada berlian akan mengurangi nilai berlian tersebut.
Inklusi dapat terlihat seperti titik atau noda pada berlian, titik ini sebenarnya bisa merupakan kandungan Kristal yang terperangkap dalam berlian, jika kandungan Kristal ini banyak dan menyebar dalam ukuran sangat kecil (micro) maka akan membentuk seperti kabut (cloud) dalam berlian. Kristal juga ada yang berbentuk seperti jarum (needle). Inklusi juga bisa berupa seperti retakan didalam berlian. Intinya , kalo ada inklusi berarti berlian tak tampak jernih sempurna

Berlian FL, IF, VVS and VS adalah tipe yang sangat bagus kualitasnya, dengan tingkat inklusi rendah tentunya. Jadi kalo ada berlian yang didiskon, hati-hati, kemungkinan karena berlian itu adalah yang memiliki tingkat inklusi tinggi.

Bersambung




8 komentar:

  1. apakah intan atau berlian bisa di temukan di dalam batu

    BalasHapus
  2. apakah intan atau berlian bisa di temukan di dalam batu batu yang besar

    BalasHapus
  3. ya Bisa-Bisa saja Mineral Berlian itu Nyempil di sebuah Bebatuan pada saat berlian itu muncul ke permukaan bumi

    BalasHapus
  4. Saya punya berlian kasar sebanyak 7 buah hasil dalian sy sendiri dan sudah saya tes ke toko berlian ...dimana saya bisa menjual nya...mohon batuan nya..ne e-mail saya b_corps@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. jual ke saya juga bisa bos,,,,081335500224 08561318121

      Hapus
  5. bagi rekan2 yang ke sulitan menjual batu intan/berlian,bisa menghubingi saya,ke betulan saya punya akses ke buyer/pembeli Lokal dan Luar negeri,,,untuk yang intan/berlian mentah yang saya cari warna putih grade clarity FL lF VVS1 VVS2 VS1 VS2 Grade color D,E,F,G, berat min 5 carat
    untuk suplay ke korsel,,jika anda mau jual lewat saya, syaratnya wajib kirim foto dan memo barang ke alamat email saya. agoez1808@gmail.com call me,, 081335500224 or 08561318121

    BalasHapus
  6. Saya menemukan batu seperti batu berlian itu, di sungai pesisir selatan sumatera barat, tapi setelah di tanya sama kwn2 mereka mengatakn itu batu garam, tapi bening nya sama dengan batu berlian, daN memancarkan warna2 pelangi di dlam nya... Apakah batu berlian itu bisa juga di temukan di sungai2..?,

    BalasHapus
  7. Ini no hp saya bagi kwan2 yang suka berpetualang mencari batu berlian 085376367377

    BalasHapus