Selasa, 08 Januari 2013

Nasib Penemu INtan Trisakti


CEMPAKA (Banjarbaru, Kalsel) sepertinya memang sudah ditakdirkan memiliki potensi kekayaan alam berupa intan yang luar biasa. Sejarah penemuan intan Trisakti yang terkenal itu, menjadi inspirasi bagi masyarakat paling timur Banjarbaru untuk menekuni profesi mendulang hingga kini
BETAPA pentingnya sejarah intan Trisakti tersebut, sampai-sampai PT Rumah Ciniru Jakarta pernah mengangkatnya dalam sebuah film berjudul Jakarta Project karya sutradara berbakat Indra Yudhistira Ramadhan tahun 2001. Film yang dibintangi Claudia Harahap, Ba'i Soemarlono, Syarmi Amanda, Poppy Devina dan Matthew Holmes dengan durasi 108 menit menghebohkan kancah dunia film Indonesia.
Cerita Jakarta Project yang penulis simak, menggambarkan adegan aktivitas seorang pendulang intan tengah berada di kedalaman galian 12 meter, lebih dalam ketimbang galian lain yang pernah dibuat di pendulangan intan wilayah Kota Idaman.

Tanpa sengaja Sukri salahsatu warga Cempaka menemukan sebongkah batu kecil. Lalu dimasukkannya ke saku baju. Sukri pun naik ke tebing.

Sambil duduk istirahat menikmati teh, Sukri menunjukkan temuannya pada seorang teman seregu bernama Samlan. Dia merupakan pemimpin regu, mendekat dan mengamati batu itu.

Seketika bulu kuduknya berdiri. Intan!, serunya seperti kesurupan, direnggutnya intan itu dan dibawa berlari ke rumahnya sembari memekik-mekik. ''Intan! Intan! Intan!'

Pada saat bersamaan, di hari Kamis 26 Agustus 1965, pasar di Martapura merupakan pasar jual beli intan, terbakar habis. Dan dipercaya kejadian dahsyat itu biasanya mengiringi penemuan intan besar.

Cerita tentang penemuan intan itu pun tersebar luas. Sejumlah perantara mendatangi rumah Samlan, mengamati batu intan terbesar yang pernah mereka lihat. Pun penduduk desa di Cempaka yang ingin melihat batu intan itu, mereka telah membentuk antrean sepanjang satu kilometer. Pikiran Samlan benar-benar kosong. Ia jadi sukar tidur.

Nah, utusan dari Cempaka membawa intan 166,75 karat--yang kemudian dikenal sebagai Intan Trisakti--ke Martapura untuk ditunjukkan pada Bupati dan Kepala kepolisian di Kabupaten Banjar hingga akhirnya diberikan pada Presiden RI (waktu itu Ir Soekarno).

Jadi, akhirnya delapan orang penting setempat dan dua pendulang membawa intan itu ke Jakarta. Samlan bersama empat pendulang seregunya ikut terbang pula. Sayangnya, tahun 1965 tak bersikap ramah bagi penemuan intan besar di Indonesia ini.

Pemerintah menghadapi percobaan kudeta; dan pejabat pemerintah terlalu sibuk untuk menemui para pendulang. Saat itu, para pendulang menerima pembayaran uang muka yang kemudian dibagi-bagi. Yang diterima Samlan, hanya cukup untuk membangun sebuah rumah.

Beberapa tahun kemudian, regu pendulang Intan Trisakti berangkat ke Jakarta dengan biaya sendiri untuk melacak keberadaan temuan mereka dan mencoba mendapatkan bagian keuntungan mereka. Namun setiap kali mereka di pingpong dari satu kantor ke kantor lain, hingga uang mereka habis. Mereka tak pernah menerima bayaran sisa. Samlan dan regunya kembali bergulat dengan lumpur. Berharap mendulang intan lagi, seperti Intan Trisakti

Enam bulan kemudian, pemerintah membiayai regu pendulang ini untuk menunaikan ibadah haji, bersama para istri dan penyokongnya. Tak lama setelah kembali, mereka mendapat bayaran lagi. Saat itu, intan sudah berada di Belanda untuk dipotong dan digosok. Pada para pendulang disampaikan, mereka akan mendapat bayaran sisanya. Setelah itu, tak jelas benar nasib intan Trisakti tersebut hingga sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar